16 Maret 2009

impian pustakawan

Perkenalkan mas, saya salah seorang pengamat dan pecinta perpustakaan di indonesia… yang saat ini berprofesi sebagai pengusaha di jawa barat, seorang pemerhati dan pecinta perpustakaan, juga seorang istri dan ibu 1 anak dengan profesi sebagai ex-lawyer dan ex-legal manager di sebuah lawfirm asing di jakarta, & saat ini berdomisili di jawa barat dan mengelola usaha keluarga bidang perkayuan sambil bekerja di sebuah perusahaan di bidang transportasi

Membaca ulasan anda, rasa-rasanya telah membuka lagi impian lama saya selama 10 tahun ini yang sangat mencintai dunia pustaka ini… untuk share info dan ide tentang bagaimana membuat suatu perpustakaan menjadi suatu “profitable department” instead of a non profit department seperti yang selama ini tertanam dalam wacana pemikiran manusia pada umumnya…

Saya punya ide dan sering termimpi-mimpi.. memiliki suatu perpustakaan yang dapat menjadi suatu research center yang sekaligus pusat ilmu pengetahuan bagi sekelilingnya, sekaligus berdaya jual tinggi, bersifat canggih dan serba digital, memiliki konsep ruang yang lebih mirip lobby hotel berbintang yang memiliki akses seperti sebuah internet cafe, dengan suasana terang, tenang, hangat, dan cozzy… membaca buku or browsing artikel or buku sambil ditemani secangkir cappucino dan sepotong blackforest….. disebuah sofa empuk yg nyaman dalam ruang AC yang sejuk, disebelah aquarium laut yang memiliki bermacam jenis ikan yang berenang tenang didalamnya dan alunan musik lembut… sungguh surga buat saya..hehehe.. sungguh suatu khayalan yang teramat tinggi dan absurd ya ? tapi tak apa, saya percaya sedikit demi sedikit, akan semakin bertambah orang yang juga memilik khayalan yang sejenis dengan saya tsb yang pada akhirnya akan datang orang atau seseorang yang akan mewujudkan mimpi itu jadi kenyataan… ya ndak?

Saya membaca juga ulasan anda tentang DIGILAB course yang telah terselenggara beberapa saat lalu… sungguh sangat disayangkan saya tidak memiliki akses info selama ini untuk dapat memperoleh informasi tentang penyelenggaraan DIGILAB COurses tsb. Pertanyaan saya adalah, apakah suatu saat dimungkinkan untuk diselenggarakan lagi kursus dengan konsep yang sama tsb, dan bisa diikuti, tidak hanya oleh praktisi yang bergerak dibidang perpustakaan saja, tapi juga oleh pengamat dan pecinta pustaka seperti kami ini.. karena saya yakin.. pasti di luar sana ada juga orang-orang dengan isi kepala dan minat yang serupa dengan minat saya terhadap dunia pustaka ini…

Bagaimana ? bisakah digilab ini diselenggarakan lagi, dengan peserta yang lebih terbuka? mohon info ya pak/mas….?? Apalagi kalau konsep digilab or yang sejenisnya ini lebih diarahkan untuk menumbuhkan minat orang berbisnis perpustakaan yang lebih oke.. ya ndak? Saya percaya bidang ini sangat profitable dan ini tentu menarik bagi kalangan usahawan seperti kami… asalkan kami lebih dipandu dan diarahkan dengan informasi dan support ide dari praktisi bidang ini… setuju??

Oke, mungkin begitu dulu salam perkenalan dari saya.. dan semoga sama-sama kita bisa menularkan khayalan ini pada orang lain disekitar kita, sehingga nantinya akan dapat tercipta suatu komunitas pecinta perustakaan yang dapat mewujudkan impian tersebut…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar